Sedikit Tentang Hasmi Dan Karyanya Gundala Putera Petir

Siapa tak kenal Gundala Putera Petir, tokoh komik indonesia ini di ciptakan pada tahun 1969 oleh Harya Suraminata, Biasa dipanggil Hasmi. dia lahir di Yogyakarta 25 Desember 1946 mendedikasikan...

Siapa tak kenal Gundala Putera Petir, tokoh komik indonesia ini di ciptakan pada tahun 1969 oleh Harya Suraminata, Biasa dipanggil Hasmi. dia lahir di Yogyakarta 25 Desember 1946 mendedikasikan seluruh hidupnya untuk seni. Dunia seni tidak hanya mengenalnya sebagai komikus legendaris pencipta Gundala Putera Petir, namun juga di antaranya sebagai penulis naskah dan sutradara teater. hingga kini Hasmi masih aktif dalam dunia seni.

Hasmi

Hasmi

Gundala Putera Petir merupakan karya masterpiece yang banyak dikenal masyarakat. Bersama tokoh superhero inilah, Hasmi menanamkan fondasi genre superhero di belantara komik Indonesia. Walaupun demikian, Gundala bukanlah karya komik pertama Hasmi, juga bukan komik superhero pertamanya. Sebelumnya Hasmi sudah lebih dulu membuat Maza Si Penakluk pada tahun 1968 sebanyak dua judul, sampai akhirnya Gundala lahir di tahun berikutnya, 1969. Membasmi kejahatan dengan berlari secepat topan dan petir yang menggelegar dari kedua telapak tangannya. itulah jasa Gundala kepada bumi Nusantara.

Maza Si Penakluk

Maza Si Penakluk

Petualangan Gundala, dengan format buku komik, berakhir di tahun 1982. sudah 22 judul dengan format komik hitam-putih dan 1 judul ukuran besar. Karya Hasmi tak berhenti disitu. Ia terus aktif melahirkan banyak komik dan terbit diberbagai media, diantaranya Majalah HAI, seri komik perjuangan (bersama sahabatnya Wid NS) dan seri legenda rakyat terbitan Misurind.

Gundala

Gundala

Itu sedikit tentang Komikus Hasmi dan Karyanya Gundala Putera Petir, artikel selanjutnya, Review Komik Gundala Putra Petir, Asal Usul Gundala.

Comments

comments

Categories
Kultur
Caesar Damara

yuk check janisproject.com :D

RELATED BY