Manungsa : Antara Alam Dan Teknologi

Manungsa, dalam bahasa Jawa Manungso yang berarti manusia atau bisa diartikan juga “manunggal ing roso” tempat bersatunya segala rasa dan perasaan. Mungkin dari kosa kata itu Erfan Fajar dan...

Manungsa, dalam bahasa Jawa Manungso yang berarti manusia atau bisa diartikan juga “manunggal ing roso” tempat bersatunya segala rasa dan perasaan. Mungkin dari kosa kata itu Erfan Fajar dan Jaka Edy membuat komik yang berjudul Manungsa.

Cover Manungsa

Manungsa, bercerita tentang dua orang anak bernama Kanaka dan Rakai yang 14 tahun lalu orangtuanya tewas ditelan suatu ledakan besar. Kini, Kanaka berusaha mencari penyebabnya. Tanpa dia ketahui Rakai memiliki sesuatu yang menarik mereka ke suatu pusaran konflik besar yang menyimpan jawaban akan ledakan tersebut.

Konflik besar itu dimulai dari peradaban manusia yang semakin maju dengan adanya teknologi yang super canggih, sehingga manusia lupa akan ilmu dari alam, dan fungsinya untuk keseimbangan dunia. Pesan alam dalam komik ini disampaikan oleh karakter-karakter antagonis yang berbau supranatural. Mereka tidak terima manusia dikuasai oleh teknologi sehingga melupakan alam sekitar.

Plot dari Manungsa sangat menarik, mungkin karna komik ini cukup cerdas membuat pembaca bertanya tentang benang merah antara karakter-karakternya. Komik ini tidak memfokuskan pada karakter utama melainkan pembaca disuguhi karakter-karakter yang motifnya masih belum jelas. Komik Manungsa yang pertama ini tidak lebih dari “Prolog” sebuah grand plot. Mungkin komik selanjutnya akan lebih membawa pembaca tenggelam dalam konflik karakter-karakter yang berada di dalam komik Manungsa.

Comments

comments

Categories
Kultur
Caesar Damara

yuk check janisproject.com :D

RELATED BY