Holykillers: Eksperimen Metalcore Beroktan Tinggi

Tangerang, kota yang hanya menjadi singgahan para pelancong dari luar pulau Jawa dan mancanegara ini pernah mengalami masa dimana scene underground khususnya metal dan subgenrenya banyak membisingkan sudut-sudut kota industri ini...

Tangerang, kota yang hanya menjadi singgahan para pelancong dari luar pulau Jawa dan mancanegara ini pernah mengalami masa dimana scene underground khususnya metal dan subgenrenya banyak membisingkan sudut-sudut kota industri ini tiap weekendnya. Poster, zine, dan merchendise bermotif akar dari band underground lokal sampai mancanegara sempat menguasai pasar skena di kota ini dan kota lain di daerah Jabodetabek pada kisaran tahun 2008 dan mencapai puncaknya pada tahun 2010 ketika banyaknya band death metal seperti Jasad, Siksakubur, Deadsquad, Seringai dll bolak-balik untuk menghibur para metalhead dan bermain bersama band lokal di gigs-gigs seperti The first Cafe hingga Gor Sangiang.

Holykillers live at Bandung Sonicfair

Salah satu band yang hingga kini konsisten berkarya di jalur musik cadas ini adalah Holykillers yang di bentuk oleh Okka (gitaris)Helmy (vokalis pertama),Remi (drummer),dan Yuga (bassist) pada tahun 2010 lalu. Band ini sering mengisi beberapa gigs metal di Tangerang dari yang kecil hingga acara pensi sekolah-sekolah ternama di kota ini. Beberapa karya awal yang mereka hasilkan banyak terpengaruh dari band heavy metal asal USA yaitu Disturbed yang menjadi pondasi awal musikalitas Holykillers. Band ini sempat bergonta-ganti personil saat penggarapan single pertama dengan keluarnya Yuga dan Helmi karena urusan pendidikan, akhirnya posisi mereka digantikan oleh Reza A.K.A Jaung (2011-sekarang) dan Nabella (bassist). Sampai pada pertengahan 2011 ketika penggarapan EP, Remi keluar dan digantikan oleh Yosa (drummer) yang menghasilkan 5 lagu pada EP pertama, diantaranya In the Mirror, Adorable Duty, Endless Journey, Refusing to Die, dan One Day yang semuanya di produksi secara mandiri dari distribusi, artwork, aransemen, mixing, mastering dll.

Proses bongkar pasang personil yang dialami Hollykillers ternyata masih berlanjut dengan keluarnya Nabella yang digantikan dengan Iqra (Bassist) dan masuknya Ebi (drummer) menggatikan Yosa ternyata membuat Holykillers semakin solid dengan adanya project kolaborasi dengan sineas muda bernama Wiznu Dewabroto yang menjadikan single mereka yaitu Another World sebagai official sountrack filmnya yang berjudul Balek Rimbo. 

Rencananya, Holykillers akan merilis album penuhnya pada tahun depan yang langsung di produseri oleh Yani yang merupakan gitaris dari band beraliran gothic metal, Dreamer. Album ini rencananya akan berisi 10 lagu dan bertema dystopia seperti yang dikatakan oleh Okka yang memberikan bocoran sedikit tentang gambaran albumnya yang akan rilis awal tahun depan. Materi lagu yang di suguhkan juga masih bertema metalcore beroktan tinggi dengan sedikit tambahan aransemen melodic death metal agar terdengar lebih intens.

Comments

comments

Categories
GigsReview
Kevin Perdana

graphic designer / Co-Founder of Geegoe.com

RELATED BY